RSS

Friday, October 23, 2009

Secangkir Light Latte Dan Perkenalan Dengan Silverlight 3: Jangan Mau Jadi Penonton Doang

Malam ini gw kembali berhadapan dengan Cerz (laptop gw satu-satunya) yang masih aja semangat muter lagu There She Goes-nya Sixpense None The Richer. Secangkir light latte nemenin gw begadang malem ini, cukup kopi ringan karna gw emang ga ada niat bangun sampe pagi. Sambil berusaha ngikutin lirik lagu yang gw cuma tau sepotong-sepotong ini, gw tiba-tiba keinget sama kejadian yang ternyata mengubah hidup gw.
Waktu itu pertengahan Desember 2008 pas kampus gw kedatangan dua orang dari Microsoft Indonesia yang bakal jadi pembicara seminar IT-Today garapan anak Ilkom IPB. Gw sebagai ketua panitia kontan harus menyambut dong pas dua tamu yang udah dinanti itu turun dari taksi (gokil juga naik taksi dari Jakarta ke Darmaga yang jauh dan ngampung abis). Dua orang itu adalah Pak Norman Sasono sama Pak Julius Fenata yang menyampaikan seminar yang inspiratif banget buat anak Ilkom yang masih cupu kayak gw.

Selama ini gw ngeliat software ya cuma sebagai tool aja, tapi hari itu Pak Norman dan Pak Julius memperkenalkan ke gw dan temen-temen barang baru yang bener-bener keren, nyeni dan bikin mangap sampe ngga sadar kalo ada lalet masuk ke mulut (sumpah ada lalet hamper masuk ke mulut waktu itu). Barang baru itu bernama Silverlight. Dan Silverlight bener-bener ngebius gw sampe sekarang (nah gw aja nulis ini setengah sadar jadinya).

Sebenernya gw udah ketinggalan jaman banget waktu pertama kali tau soal Silverlight, karna sebenernya teknologi itu udah dirilis sejak taun 2007 (bayangkan gw telat setaun). Oke, buat lw yang belom tau (sebelum makin ketinggalan) atau mau tau lebih lanjut soal ni barang, gw bakal certain deh...

Silverlight Brief History

Oke, jadi gini ceritanya (Auuuu… Hehe masih inget acara di RCTI yang judulnya Kismis ga? Auuuuuuuu).. Pada zaman dahulu kala, tepatnya taun 2006, Microsoft ngeluarin teknologi buat bikin user interface desktop yang canggih, cantik, menarik dan terintegrasi sama .Net Framework. Teknologi keren itu dinamain Windows Presentation Foundation alias WPF. Aplikasi desktop yang bisa dibangun pake teknologi ini bener-bener bisa ngasih user experience yang luar biasa banget buat penggunanya. Nah, terus setelah kemunculan gilang gemilang dari si cantik WPF, dikembangkanlah adiknya bertugas untuk mempercantik dan memperkaya tampilan website. Adiknya itu adalah WPE/E yang kemudian berganti nama (lengkap dengan bubur merah-putih) menjadi Silverlight.

Silverlight terus dikembangkan mulai dari Silverlight 1 dengan kode pendukung JavaScript dirilis tanggal 5 September 2007, Silverlight 1.1 Alpha yang terintegrasi sama .Net yang ujung-ujungnya menjadi Silverlight 2 pada 14 Oktober 2008. Ga sampe disitu aja, sekarang udah hadir nih Silverlight 3 (Horeee!!!)…
Sekarang ini udah banyak banget web yang pake Silverlight. Kalo mau liat-liat coba deh dateng aja ke http://silverlight.net atau coba aja baca koran dengan gaya baru di , dan masih buanyak lagi web seru lainnya.
So jangan mau jadi penonton aja, kita cobain yuk belajar sama-sama buat bikin sesuatu pake Silverlight 3…


-- Koding Sambil Ngopi --
-- Farhad Alaydrus --
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment