RSS

Thursday, July 15, 2010

Learning Content Development System (LCDS) Tutorial (part 2)

Yup, pada part 1 kita sudah berkenalan dengan fitur pertama dari LCDS. Sekarang kita akan mencoba tentang template drag and drop.

1. Selanjutnya, kita coba membuat kuis sederhana dengan fitur drag and drop. Klik Introduction pada Course Structure dan pastikan Introduction terpilih (sebenarnya ini bisa dilakukan pada bagian manapun dalam struktur, tapi supaya seragam, kita samakan aja dulu ya..)

clip_image003

2. Masih pada fitur interactivity (yang gambar mouse itu), pilih radio button bertuliskan Drag and Drop.

clip_image004

3. Maka, akan muncul template drag and drop. Fitur ini intinya kita membuat beberapa kategori beserta anggota masing-masing kategori tersebut. Misalkan kita punya table seperti ini:

Hewan

Tumbuhan

Makanan

Kuda

Beringin

Tahu

Ayam

Anggrek

Mie Rebus

Sapi

Mawar

Roti

Dengan fitur ini kita membuat suatu kuis untuk mencocokkan elemen elemen seperti kuda, mawar, dan roti dengan kategorinya.

4. Oke, kita fokus ke template drag and drop yang muncul. Pada kolom Category 1,ketikkan “Hewan”, kemudian di bawahnya, yaitu pada kolom Category 1 item, ketikkan Kuda, kemudian Ayam, dan Sapi. Lakukan seterusnya untuk kategori lain.

clip_image005

5. Save course dengan cara menekan tombol Save atau Ctrl + S, lalu tekan tombol Preview

6. Sekarang, silahkan dicoba kuisnya.. Drag and drop item-item ke dalam kategori yang tepat. Jika sudah yakin dengan jawabannya, tekan tombol SUBMIT untuk mengetahui hasilnya.. Asik kan.. J

clip_image006

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment