RSS

Saturday, May 1, 2010

Analisis Efisiensi Energi Windows 7

Salah satu fitur yang dimiliki oleh Windows 7 adalah Power Eficiency Diagnostic Report yang bisa kita pakai untuk melihat seberapa efisienkah penggunaan energi komputer kita. Diagnosa dilakukan dengan cara menganalisa kinerja komputer selama 60 detik yang berkaitan dengan konfigurasi layar monitor, automatisasi dim dan penggunaan hardware lain yang menyedot energi komputer. Setelah analisis ini selesai, maka windows secara otomatis akan mengenerate sebuah report yang menampilkan masalah efisiensi pada komputer kita.

Oke, kita cobain aja langsung.. Pertama silahkan buka command prompt (cmd) sebagai administrator (bisa dengan cara mengklik cmd sambil menekan CTRL + SHIFT). Setelah masuk, kita akan memanggil "powercfg /energy". Saya mencobakan di cmd saya dan menunculkan hasil seperti ini:


Terlihat command tadi mengaktifkan tracing sistem selama 60 detik. Selama 60 detik ini, Windows mengobservasi kegiatan yang dikerjakan dalam task-task Window. Setelah tracing selesai, silahkan buka file yang berada di C:\Users\Nama User Anda\energy-report.html di browser.

Mengenai isi report ini akan kita bahas di post Power Efficiency Diagnostic Report.. Selamat menganalisa.. :)


-- Koding Sambil Ngopi --
-- Farhad Alaydrus --
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment