RSS

Wednesday, January 5, 2011

Web Developer’s Mistake: The “Mail to” Link

Ketika user membaca sebuah artikel baik itu ilmiah ataupun sekedar artikel feature, ada kecenderungan user ingin tahu siapa sih yang menulis artikel ini. Kalau saya pribadi ketika membaca sebuah artikel yang bagus, jadi penasaran “pingin tau mukanya orang yang nulis ini! Gaul banget kayaknya..” Nah, oleh karena itulah di suatu halaman post yang bukan berada di blog pribadi sebaiknya mencantumkan foto dan link menuju biografi si penulis.

Kebutuhan akan biografi penulis seringkali digantikan oleh developer dengan meletakkan link “Mail to Author” atau “Mail to author@postkeren.com”. Padahal, in-fact, kebanyakan user cuma pingin tau aja siapa sih yang nulis, bukan pingin langsung kirim email. Pencantuman email memang penting, apalagi buat tulisan ilmiah, tapi seharusnya email bukan menjadi emphasis dari suatu biografi penulis.

Cartoons by
Doug Sheppard and Katrin L. Salyers

Bicara mengenai pencantuman email, kita sering menemukan ada tulisan berwarna biru dan diberi underline yang berisikan tulisan “Ditulis oleh : Author bin Authorian“. Coba kita pikir deh, apa sih ekspektasi user ketika dia menemukan ada tulisan berwarna biru dan ber-underline? Ekspektasi user adalah “Ketika gw klik tulisan ini, maka gw akan pindah ke halaman baru yang isinya adalah informasi mengenai si author.” Tapi apa yang didapat ketika user mengklik anchor itu? Yang terjadi adalah secara otomatis computer kita akan membuka mail client, Outlook misalnya, yang bahkan kebanyakan user males makenya dan belum tentu juga mau kirim email ke si author. Ekspektasi user adalah dia akan diajak ke halaman biodata atau biografi si penulis, bukan malah membuka aplikasi email client.


Anchor yang mengindikasikan “mail to” haruslah disajikan secara eksplisit misalnya “Mail to: author@penulis.com”, atau “Kirim email ke saya”. Jangan sekali-sekali menjadikan foto sebagai anchor untuk mengirim email, karena percayalah ini akan sangat mengganggu.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment